PDAM SOLO Bakal Tambah Ribuan Sambungan Air

Berita Kota Solo - PDAM SOLO Bakal Tambah Ribuan Sambungan Air

SOLO–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solo bakal menambah 4.500 sambungan rumah air bersih dan 3.000 sambungan rumah air limbah secara bertahap mulai tahun 2012 hingga 2014.

Tahun ini, perusahaan tersebut akan memulai penambahan dua layanan itu dengan membuat 1.000 sambungan rumah air bersih dan 1.000 sambungan rumah air limbah.

Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto, yang juga menjabat sebagai ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo, mengemukakan pembuatan sambungan rumah air bersih dan sambungan air limbah akan mendapatkan kucuran dana senilai Rp7 miliar dari APBD Perubahan (APBD-P) 2012.

“Rapat sinkronisasi Banggar tentang KUPA-PPAS [kebijakan umum perubahan anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara] APBD-P 2012 telah menyepakati alokasi anggaran untuk PDAM senilai Rp 7 miliar, masing-masing Rp5 miliar untuk sambungan rumah air bersih dan Rp2 miliar untuk sambungan rumah air limbah,” ujar Supriyanto ketika dihubungi melalui Ponselnya, akhir pekan kemarin.

Dijelaskan Supriyanto, anggaran penambahan sambungan rumah air bersih dan sambungan rumah air limbah dalam bentuk penyertaan modal untuk PDAM tersebut berasal dari bantuan hibah AusAID kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU).

“Jadi penyertaan modal dari Pemkot yang bersumber dari APBD kota tersebut hanya talangan. Sifatnya in-out. Nanti setelah proyek sambungan rumah air bersih dan sambungan rumah air limbah itu selesai akan diganti melalui dana hibah dari AusAID,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Solo, YF Sukasno, menyebutkan rencana penyertaan modal yang akan diberikan secara bertahap oleh Pemkot kepada PDAM hingga tahun 2014 itu nilai totalnya Rp25,5 miliar.  Untuk tahun 2013, pemasangan sambungan rumah air bersih direncanakan sebanyak 1.500 unit dan sambungan rumah air limbah sebanyak 1.000 unit. Sedangkan tahun 2014, pemasangan sambungan rumah air bersih direncanakan sebanyak 2.000 unit dan sambungan rumah air limbah sebanyak 1.000 unit.


Berita Minggu, 29/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • Yatim Mandiri Berikan Beasiswa 157 Anak Yatim
  • MASJID AL WUSTHO: Takmir Diminta Ajukan 2 Proposal Pengajuan Dana Rehab
  • PETASAN: Warga Pasar Kliwon Terganggu Pesta Mercon di Alkid
  • PROMOSI SOLO: BPPIS Dilantik, Walikota Minta Fokus Pada Segmen Pasar
  • SANTUNAN KEMATIAN: Minim, Peminat Santunan Kematian