PEMUDIK DI REST AREA Solo Bakal Dihibur Kesenian Tradisional

Berita Kota Solo - PEMUDIK DI REST AREA Solo Bakal Dihibur Kesenian Tradisional

SOLO–Para pemudik Lebaran yang melintas dan beristirahat di titik-titik rest area Solo bakal mendapat suguhan hiburan kesenian tradisional, bahkan dapat ikut berpartisipasi dalam kesenian yang disiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepala Disbudpar Solo, Widdi Srihanto, kepada wartawan di balaikota, Selasa (31/7/2012) mengungkapkan ini adalah kali pertama Disbudpar ikut menyambut para pemudik dengan memberikan hiburan kesenian tradisional selama mereka beristirahat.

 ”Jadi nanti selain layanan kesehatan dan tempat bersantai, para pemudik juga mendapat hiburan. Ya meskipun hanya hiburan sederhana, seperti keroncong akustik atau yang lainnya dan mereka juga bisa ikut berpartisipasi,” jelas Widdi.

Ada sejumlah titik rest area yang akan diberi sajian hiburan, yakni di Pertigaan Faroka, Jl Adisucipto, Jl Bayangkara, Jurug, Kadipiro dan ringroad utara. Hiburan akan disajikan setiap hari dengan jadwal menyesuaikan jam-jam paling ramai.

Dalam hal itu, Widdi mengatakan pihaknya melibatkan sanggar-sanggar, kelompok seni dan lain-lain yang ada di Kota Solo. Hal itu sekaligus sebagai upaya pemberdayaan para seniman untuk menampilkan mereka. “Secara luas, dari sisi branding kota, sajian hiburan ini akan jadi daya tarik dan penanda khas bahwa mereka sudah memasuki wilayah Solo,” ujar Widdi.

Sementara dari sisi kesehatan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) juga telah menyatakan kesiapan untuk menyambut dan melayani para pemudik di titik-titik rest area. Kepala DKK Solo, dr Siti Wahyuningsih, mengatakan jadwal tim jaga sudah disusun, termasuk penempatan wilayah tugas para tenaga medis yang berasal dari puskesmas-puskesmas.

Kendati demikian, puskesmas juga tetap akan memberikan pelayanan seperti biasa. Demikian pula dengan mobil ambulans. “Semua ambulans nanti akan disiagakan. Sebelumnya juga akan kami apelkan untuk memeriksa kondisinya,” kata Ning, sapaan akrabnya, kepada wartawan, Selasa.


Berita Selasa, 31/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • GPH HERWASTO KUSUMO Dinilai Sangat Berkomitmen Dengan Karya Mangkunegaran
  • DITEMUKAN, MAKANAN RINGAN Diduga Dicampur Bahan Plastik
  • DPRD: Pengelolaan Dana di BLUD GLH Tidak Jelas
  • STASIUN JEBRES Akan Dipasangi Display Pemantau Tiket
  • PLAT MERAH Per 1 Agustus Gunakan BBM Non Subsidi