RENOVASI RADYA PUSTAKA Libatkan Budayawan Lokal

Berita Kota Solo - RENOVASI RADYA PUSTAKA Libatkan Budayawan Lokal

SOLO--Program renovasi Museum Radya Pustaka Solo yang dimulai tahun ini bakal melibatkan kalangan budayawan Kota Bengawan.

Alasanya, mereka dinilai bisa memberikan masukan dan saran atas sejumlah bagian bangunan museum yang harus tetap terjaga sebelum proyek peremajaan itu dimulai.

“Yang menjalankan proyek ini kan pemerintah pusat. Maka, perlu melibatkan kalangan budayawan yang tahu sejarah Museum Radya Pustaka,” kata Wakil Ketua Komite Museum Radya Pustaka Solo, Djaka Darjata kepada Solopos.com di ruang kerjanya, Minggu (8/7/2012).

Pelibatan kalangan budayawan, kata Djaka, sama pentingnya dengan melibatkan tim ahli cagar budaya yang bakal menjalankan proyek tersebut. Sebab, kalangan budayawan Solo-lah yang masih menyimpan memori masa lalu tentang musuem tertua di Nusantara itu.

“Saya sudah sampaikan kepada petugas Kemendikbud [Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan] saat meninjau lokasi. Tujuannya, agar bagian-bagian khas dari museum ini tetap terjaga. Nah, masukan itu saya kira sangat penting dalam penyusunan DED [detail engineering design],” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, melalui anggaran senilai Rp6 miliar yang bakal digelontorkan untuk Radya Pustaka, maka renovasi bakal mencakup keseluruhan. Mulai dari bangunan fisik museum, penataan kembali interior, hingga perluasan kantor menjadi dua lantai. Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, Sanyoto menambahkan, usai museum direhab, dipastikan bakal menampilkan sesuatu yang sama sekali lain dari sebelumnya. “Yang jelas, bakal apik tenan. Tunggu saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto memastikan bahwa Radya Pustaka bakal direbah tahun dengan anggaran senilai Rp6 miliar. Dari anggaran itu, Rp1 miliar di antaranya berasal dari APBD-P 2012.


Berita Minggu, 08/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • PILKADA DKI: DPC PDIP Solo Gelar Doa Bersama Untuk Jokowi
  • BONGKAR MAKAM: Ahli Waris Mulai Bongkar Makam di TPU Depok
  • PENCURIAN: Rumah Kosong Dibobol Maling, Laptop dan HP Lenyap.
  • TAMAN BALEKAMBANG: Joni dan Jini Jadi Tambahan Daya Tarik
  • KHITAN MASSAL: 140 Bocah Dikhitan