TAMAN BALEKAMBANG: Joni dan Jini Jadi Tambahan Daya Tarik

Berita Kota Solo - TAMAN BALEKAMBANG: Joni dan Jini Jadi Tambahan Daya Tarik
Makin asyik saja berkunjung ke Taman Balekambang, Solo. Soalnya di taman yang asri itu kini ada sepasang kuda poni yang siap menjadi teman baru anak-anak.

Kuda berumur delapan dan lima tahun itu sengaja didatangkan oleh pengelola untuk menyemarakkan taman Balekambang saat liburan. Sepasang kuda yang dinamai Joni dan Jini itu memang hanya sementara di Taman Balekambang. Setidaknya, hingga musim liburan selesai. “Tergantung masyarakatnya kalau masih suka dengan kuda itu ya tetap di sini [Balekambang]. Kalau sudah enggak ada peminatnya, ya kami kembalikan kepada pemiliknya,” terang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balekambang, Endang Sri Murniyati.

Sebelumnya, hanya satu kuda poni yang didatangkan ke taman tersebut. Namun, melihat animo masyarakat yang begitu tinggi dengan kedatangan kuda kecil itu, sepekan lalu pengelola berinisiatif menambah satu kuda lagi. “Anak-anak sepertinya suka dengan kedatangan kuda itu, kami lalu memanggil satu ekor kuda lagi,” kata Endang.

Tak perlu merogoh kocek dalam. Dengan hanya Rp10.000, pengunjung sudah bisa berkeliling Balekambang dengan menaiki Joni atau Jini. Ditemani pawang masing-masing, pengunjung tak perlu was-was saat menaiki kuda itu.

Bukan hanya sepasang kuda poni. Guna menarik pengunjung, pengelola Balekambang juga menambah beberapa wahana permainan lain, di antaranya sepeda air dan kereta kelinci. Berdasarkan data dari pengelola Balekambang, pengunjung taman itu memang meningkat sejak liburan. Kenaikan pengunjung mencapai 40%. Dalam waktu sehari, taman yang biasa digunakan untuk berbagai pertunjukan seni itu dikunjungi sekitar 1.500 orang dalam maupun luar kota. Pengunjung kebanyakan berasal dari rombongan keluarga dan sekolah.


Berita Jumat, 06/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • KHITAN MASSAL: 140 Bocah Dikhitan
  • SATPOL PP dan DPP Solo Bongkar Kandang Unggas
  • CCTV: 17 Persimpangan di Solo Dipasangi CCTV
  • MTA Gelar Kemah Bakti Satgas
  • 2 JALAN UTAMA Didaftarkan ke BP3