UPTD Minta Puncak Bakdan Ing Balekambang Bertema Sejarah

Berita Kota Solo - UPTD Minta Puncak Bakdan Ing Balekambang Bertema Sejarah

SOLO-â€"UPTD Taman Balekambang meminta kepada pemenang lelang gelaran Bakdan ing Balekambang menyuguhkan tema yang berhubungan dengan keberadaan tempat ataupun sosok bersejarah dari Kota Solo. Hal tersebut dilakukan guna mengingatkan kembali para pengunjung terkait sejarah dan budaya yang ada di Kota Bengawan.

Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, menuturkan pelaksanaan event tahunan tersebut selama ini memang selalu dilimpahkan ke pihak ketiga. “Seperti biasanya Bakdan ing Balekambang dikelola oleh pihak ketiga. Kemarin diikuti tiga peserta dan sudah dipilih pemenangnya,” ungkapnya, Selasa (17/7/2012).

Ditambahkan Endang, dari hasil lelang yang dilakukan beberapa waktu lalu, diperoleh kesepakatan harga Rp33 juta dari pagu Rp32 juta. “Setelah itu, kami meminta kepada pemenang lelang, saat puncak acara nanti dikaitkan dengan situs yang ada di Kota Solo. Seperti tahun lalu, tema yang diambil saat puncak acara Ki Ageng Pemanahan. Untuk tahun ini kami meminta seperti itu,” tuturnya.

Ia menambahkan hiburan yang ditampilkan diharapkan mayoritas tradisional. Diterangkan Endang, pihaknya meminta sejumlah persyaratan tersebut kepada pemenang lelang guna mengingatkan kembali para pengunjung terhadap budaya-budaya yang ada di Kota Solo. Dijelaskannya, mayoritas pengunjung akan datang ke Balekambang adalah warga Solo dan sekitarnya yang merantau ke berbagai daerah. “Kami berharap bisa mengembalikan ingatan mereka akan budaya yang pernah ada di Kota Solo. Bukan hal-hal yang bersifat modern,” ungkapnya.

Disinggung waktu pelaksanaan acara tersebut, Endang menuturkan Bakdan ing Balekambang digelar 19 Agustus-26 Agustus 2012. “Puncaknya pada 26 Agustus nanti. Namun, kami masih menunggu keputusan penetapan 1 Syawal dari pemerintah,” katanya.


Berita Rabu, 18/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • MUSALA AL HIJRAH Selenggarakan Happy Ramadan
  • KERETA API: Rel Bengkong Purwosari Bakal Dipasangi CCTV dan Traffic Light
  • ADAKAN TES URINE Bagi Siswa, Disdikpora Solo Gandeng PMI
  • PASAR KADIPOLO: DPRD Desak DPP Tuntaskan Persoalan Pasar Kadipolo
  • PENGAJIAN AL HIDAYAH Selenggarakan Lomba Salat Jenazah