Demi Indonesia, Ronny Rela Naik Gunung dengan Sepeda Onthel

Berita Kota Solo - Demi Indonesia, Ronny Rela Naik Gunung dengan Sepeda Onthel

Mendaki 10 gunung di Jawa dan Bali serta Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan naik sepeda onthel, mana mungkin?. Siapa yang mau menjalaninya.

Bagi Ronny Hartono, 34, warga Desa Purwosari RT 001/RW I, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah, hal itu merupakan tantangan yang mengasyikan. Buktinya, sampai saat ini sudah enam dari sepuluh puncak gunung yang berhasil didakinya.

“Sudah enam, puncak Gunung Gede, Ciremai, Slamet, Sindoro, Sumbing dan Merbabu. Tinggal empat lagi yakni, Gunung Semeru, Arjuno-Wlirong, Agung dan Rinjani,” papar Ronny saat mampir di Griya SOLOPOS, Jl Adi Sucipto No 190, Solo, Selasa (7/8/2012), sebelum melanjutkan perjalanan naik sepeda ke Jawa Timur.

Ronny yang ditemani anggota pencinta alam Asupala, Uuk Guntoro kepada Espos mengatakan, apa yang dilakukannya itu karena panggilan hati akan kecintaan alam Indonesia. Juga dalam rangka memperingati HUT ke-67 Kemerdekaan RI

“Sebelum ekspedisi mendaki 10 puncak gunung dengan sepeda onthel, saya sudah melakukan sejumlah ekspedisi lainnya,” tutur Ronny yang juga anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kendal.

Ekspedisi pertama, jalan kaki keliling Indonesia dijalaninya selama lima tahun, lima bulan empat hari. Kemudian eksepidisi kedua, mendaki enam puncak Nusantara, selama satu tahun tiga bulan, ekspedisi ketiga, menjelajah empat penjuru mata angina di Nusantara.

“Kalau yang sekarang mendaki 10 puncak gunung dengan sepeda onthel adalah ekspedisi saya yang keempat,” ujar Ronny yang mengaku mendapat support dari anggota Kosti dan pecinta alam lainnya.

Kegiatan yang dilakoni pria lulusan STM PGRI Singosari Malang tahun 1996 ini sudah dijalaninya sejak tahun 2001. Banyak orang mengatakan, apa yang dilakukan pria kelahiran 17 Agustus 1978 itu adalah bentuk kegilaan semata.

Bagi Ronny pun perkataan beberapa orang tersebut tak menghalanginya untuk terus menjelajah Indonesia. “Selama ini kita mengenal Indonesia hanya lewat tulisan, saya ingin merasakan langsung sehingga rela melakukan ini,” jelasnya kepada Solopos.com.