HUT RI: Tari Sobrak Awali Upacara HUT RI di Sriwedari

Berita Kota Solo - HUT RI: Tari Sobrak Awali Upacara HUT RI di Sriwedari

SOLO- Tari Sobrak karya almarhum GPH Herwasto Kusumo mengawali rangkaian upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Kemerdekaan RI di Stadion R Maladi Sriwedari, Jumat (17/8/2012).

Tarian rancak yang dibawakan oleh sejumlah penari perempuan dari Sanggar Suryo Sumirat itu menggambarkan semangat perjuangan para pahlawan.

“Tarian itu merupakan hasil karya terakhir Gusti Heru, menggambarkan semangat perjuangan kemerdekaan,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Widdi Srihanto, kepada Solopos.com di sela-sela upacara.

Upacara itu sendiri dipimpin oleh Walikota Solo, Joko Widodo dan diikuti empat angkatan bersenjata, Muspida, pelajar, pegawai negeri sipil, Satpol PP dan lain-lain. Dalam acara itu diserahkan pula santunan bagi seorang janda pahlawan senilai Rp5 juta dan lima janda pejuang perintis kemerdekaan masing-masing senilai Rp7 juta.

“Ya ini sebagai bentuk penghargaan kami kepada para pahlawan dan pejuang atas pengorbanan mereka pada masa perjuangan kemerdekaan,” jelas Sekretaris Daerah Solo, Budi Suharto.


Berita Jumat, 17/8/2012 11:46 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • TIM TERPADU: Posko Lebaran Siap Layani Pemudik
  • PENIPUAN PEMBAGIAN SEMBAKO: Warga Berbondong-Bondong Datangi Keraton
  • 119 Motor Pemudik Tiba di Solo
  • PAWARJAN Bakal Dirikan CV
  • PUSKESMAS: Lebaran Pertama, Puskesmas Rawat Jalan Tutup