PEMILU 2014: PDIP Jaring Nama Balon Caleg Lewat Inventarisasi

Berita Kota Solo - PEMILU 2014: PDIP Jaring Nama Balon Caleg Lewat Inventarisasi

SOLO–DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo melakukan penjaringan nama-nama bakal calon (balon) anggota legislatif DPRD kota, DPRD provinsi dan DPR RI dari partai berlambang moncong putih tersebut.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Rekrutmen DPC PDIP Kota Solo, YF Sukasno, mengemukakan DPC PDIP telah melaksanakan tahapan inventarisasi balon anggota legislatif DPRD kota, DPRD provinsi dan DPR RI sejak Juni 2012.

“Hal itu sesuai SK (surat keputusan) DPP PDIP,” ujar Sukasno kepada Solopos.com, Senin (6/8/2012).

Dalam inventarisasi tersebut, Sukasno menjelaskan struktur anak ranting setingkat RW dipersilakan memberikan masukan nama-nama yang dinilai pantas dan mampu untuk menjadi balon anggota legislatif.

“Dan ini [nama-nama balon] boleh dari luar partai, tokoh masyarakat, akademisi, pengusaha, LSM [lembaga swadaya masyarakat], siapa pun bisa dimasukkan dalam proses inventarisasi dan nanti ada proses berkelanjutan,” terangnya.

Setelah melalui beberapa tahapan dan dinyatakan lolos, Sukasno mengatakan nama-nama tersebut akan ditugaskan untuk bersosialisasi dengan masyarakat sesuai daerah pemilihannya (dapil). Tahap berikutnya, akan diadakan survei oleh tim independen.

“Respondennya ya semua lapisan masyarakat. Dari situ nanti akan bisa diketahui siapa dari nama-nama balon itu yang dipilih oleh masyarakat, baru masuk dalam proses untuk persiapan menjadi caleg [calon legislatif] PDIP di pemilihan legislatif (pileg) 2014,” paparnya.

Namun dikatakannya, masih ada beberapa tahapan lagi yang harus diikuti oleh para caleg tersebut. “Kalau tidak lolos ya tidak didaftarkan ke KPU [Komisi Pemilihan Umum],” katanya.

Sampai saat ini, Sukasno mengungkapkan sudah ada ratusan nama dari proses inventarisasi tersebut. Menurutnya, hal yang menggembirakan adalah banyak nama-nama perempuan yang masuk. “Kami optimistis 30 persen caleg perempuan akan terpenuhi, bahkan lebih,” imbuh dia.

Dikatakannya, hal itu merupakan bukti PDIP sangat menghargai kaum perempuan. “Memang proses pencalegan di partai kami sangat panjang. Ini semata-mata untuk menjawab keinginan masyarakat Solo agar anggota DPRD itu dekat dan selalu bersama rakyat,” tandasnya.


Berita Senin, 06/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • ANGKUTAN UMUM: Dukung Integrasi Antarmoda, Koridor Penghubung Stasiun Jebres-Halte BST Segera Dibangun
  • UTANG PDAM SOLO Masih Rp45 M
  • MASSA HTI Gelar Aksi Solidaritas Rohingya
  • ANGKUTAN LEBARAN: Brimob Dukung Pengamanan Angkutan Lebaran 2012
  • MENSOS Resmikan Rumah Bersalin Gratis Solo Peduli