RAILBUS Siap Dioperasikan, Pemkot Sisir Jalur KA Jl Slamet Riyadi

Berita Kota Solo - RAILBUS Siap Dioperasikan, Pemkot Sisir Jalur KA Jl Slamet Riyadi

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera mengkondisikan jalur rel kereta api (KA) di sepanjang Jl Slamet Riyadi Solo agar siap dilalui Railbus Batara Kresna. Hal itu menyusul kepastian akan dioperasikannya moda transportasi modern tersebut mulai Minggu (5/8).

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Yosca Herman Sudrajad membenarkan kepastian pengoperasian railbus mulai besok. Diakui Yosca, informasi tersebut bahkan diterimanya secara langsung dari Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono, melalui pesan singkat yang dikirimkan Wamenhub kepadanya, Jumat (3/8/2012).

“Tadi pagi Pak Wali [Walikota Solo, Joko Widodo] menanyakan kepastian tentang railbus kepada saya, kemudian saya pun segera meminta konfirmasi hal itu kepada Wamenhub. Dan melalui SMS, pak Wamenhub, memastikan railbus mulai dioperasikan Minggu (5/8),” terang Yosca saat dimintai informasi seputar rencana pengoperasian railbus, Jumat.

Selama sepekan pertama sejak Minggu tersebut, Yosca mengatakan akan menjadi pekan sosialisasi. Rencananya, railbus akan melayani penumpang dengan jurusan Jogja-Solo-Sukoharjo.

“Menurut jadwal PT KA [Kereta Api] Daops VI Yogyakarta, satu hari pengoperasian railbus PP [pulang-pergi]. Mulai diberangkatkan dari Solo ke Sukoharjo sekitar pukul 06.00 WIB. Dari Sukoharjo nanti ke Solo, kemudian baru ke Jogja. Nah dari Jogja nanti kembali ke Solo, diberangkatkan dari Jogja sekitar pukul 15.00 WIB,” papar Yosca.

Sementara untuk tarif railbus, Yosca menyebutkan nilainya sebagaimana telah ditetapkan PT KA, yaitu Rp10.000 untuk jurusan Solo-Sukoharjo dan Rp20.000 untuk jurusan Solo-Jogja.

Yosca menambahkan untuk mempersiapkan jalur railbus di tengah kota, Pemkot segera melakukan penyisiran untuk memangkas ranting-ranting pohon di sekitar rel KA di sepanjang Jl Slamet Riyadi.

“Penyisiran di sepanjang Jl Slamet Riyadi akan dilakukan hingga Sabtu (4/8) besok,” katanya.


Berita Jumat, 03/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • GAPURA MAKUTHA: DPRD Minta Pemkot Kenakan Sanksi Denda
  • SAMPAH: Kekurangan Tenaga Pengangkut Sampah Belum Terpenuhi
  • HUT RI: Ramadan, Lomba-lomba Fisik Ditiadakan
  • PEMBANGUNAN TERMINAL TIRTONADI: Sidak, Komisi III Desak Pemkot Lobi Pemerintah Pusat
  • SALURAN PEMBUANGAN AIR Selter Manahan Tak Memadai