Sosialisasi Berkelanjutan Soal Penanganan Sampah Sangat Perlu

Berita Kota Solo - Sosialisasi Berkelanjutan Soal Penanganan Sampah Sangat Perlu

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diminta menyosialisasikan penanganan sampah kepada masyarakat secara berkelanjutan. Sebab, belum dikelolanya sampah Kota Bengawan secara baik, juga akibat kurangnya kesadaran masyarakat.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jagalan, Rosyidi, Kamis (9/8/2012) menyebat soal sosialiasi sebagai hal penting selain faktor kurang representatifnya tempat pembuangan sementara (TPS) sampah, keterbatasan armada pengangkut dan tenaga kebersihan.

Menurut dia sudah saatnya Pemkot serius menggerakkan jejaring pemerintahan mulai dari kecamatan dan kelurahan. Lebih jauh lagi jejaring pengurus rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT) bisa digerakkan.

“Pemkot harus banyak berikan sosialisasi lewat lurah kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran,” katanya.

Pendapat senada disampaikan Hariwoto, warga Banyuagung, Banjarsari. Menurut dia akan lebih efektif bila program kebersihan disengkuyung seluruh elemen masyarakat. Terkait sampah, Hari menilai perlu dipilahkan dan diolah menjadi sesuatu yang bernilai. Ketimbang sebatas dikumpulkan, dibuang dan dimusnahkan.

“Perlu sosialisasi terus menerus agar masyarakat mau memilah dan mengolah sampah yang mereka hasilkan. Bila memungkinkan bisa dipasang alat pengolah sampah di TPS sampah,” papar dia. Kurniawan/JIBI/SOLOPOS


Berita Jumat, 10/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • PENGGALIAN BUNGKER Diteruskan
  • PENGGALIAN BUNGKER BALAIKOTA SOLO: Saksi Mata: Bungker Sepanjang 15 Meter
  • PENGGALIAN BUNGKER BALAIKOTA SOLO: Karyawan Pemkot Solo Saksikan Penggalian Bungker
  • Aparat Tutup Rapat Celah Munculnya Calo di Terminal Tirtonadi
  • PILKADA JAKARTA : Jokowi: Lebih Baik Foke Cari Solusi