Pekan Depan, Komisi I Panggil Enam Lurah

Berita Kota Solo - Pekan Depan, Komisi I Panggil Enam Lurah

SOLO–Pembangunan enam kantor kelurahan di Solo yang dilaksanakan tahun 2012 ditarget berjalan sesuai jadwal. Jajaran Komisi I DPRD Kota Solo bakal memanggil enam lurah untuk meminta laporan perkembangan pembangunan kantor kelurahan di masing-masing wilayah, yaitu Banyuanyar, Semanggi, Mojosongo, Kestalan, Kemlayan dan Laweyan. Ketua Komisi I DPRD Kota Solo, Maryuwono, mengemukakan pemanggilan enam lurah tersebut direncanakan pekan depan.

”Kami berharap bisa mengetahui progress atau perkembangan pelaksanaan pembangunan di masing-masing kantor kelurahan tersebut,” terangnya ketika ditemui wartawan di Gedung DPRD Solo, Jumat (31/8). Selain lurah dari masing-masing kelurahan itu, Maryuwono mengatakan pihaknya juga mengundang para kontraktor pelaksana pembangunan di setiap kantor kelurahan tersebut. Hal itu untuk memastikan pembangunan telah dilaksanakan sesuai detail engineering design (DED).

”Yang jelas setiap kelurahan dibangun harus sesuai bestek dan DED yang sudah ada,” tegasnya. Menurutnya, yang perlu digali dari pertemuan dengan para lurah dan kontraktor pelaksana itu adalah terkait kendala-kendala yang ditemui dalam proses pembangunan. ”Diharapkan pembangunan kantor-kantor kelurahan itu rata-rata bisa terselesaikan November nanti,” tandasnya. Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi I, Dedy Purnomo. Diakuinya hingga Jumat, Komisi I belum menerima laporan terkait perkembangan terkini pembangunan di masing-masing kantor kelurahan.

”Saat sidak [inspeksi mendadak] ke lokasi pembangunan beberapa waktu lalu, kami sudah menyampaikan agar ada progress report pembangunan kepada Komisi I, tapi sejauh ini belum. Menurut kami laporan itu penting sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pengguna anggaran dan pelaksana kepada masyarakat,” katanya. Dengan disampaikannya laporan perkembangan itu, Dedy menilai DPRD bisa mengoptimalkan fungsi kontrolingnya terhadap pelaksanaan program di lapangan.

”Ya ini untuk memastikan pembangunannya sesuai bestek dan kami berharap pembangunan kantor-kantor kelurahan itu dapat selesai sesuai target,” katanya. Kalaupun ternyata ada kendala yang menyebabkan keterlambatan, Dedy berharap pelaksana bisa mengupayakan agar tetap terselesaikan. ”Misalnya menutupnya dengan menambah volume pengerjaan, dengan lembur atau cara lain yang bisa mendorong penyelesaian pembangunan tersebut. Hal itu dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat,” tandasnya.


Berita Sabtu, 01/9/2012 05:32 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • Fasilitas Hotspot di Kompleks Balaikota Kini Tak Ada Lagi
  • Walah, Urban Forest Jadi Tempat Pacaran
  • November, Pelayanan BPSK Terancam Mandek
  • Pencinta Bahasa dan Budaya Jawa Bentuk Komunitas
  • JOKOWI: Gandeng Investor, Lanjutkan Pembangunan Lantai II Terminal Tirtonadi