Gerkatin Solo Kampanye Peduli Lingkungan

Berita Kota Solo - Gerkatin Solo Kampanye Peduli Lingkungan

SOLO– Di tengah hiruk pikuk pejalan kaki saat Car Free Day (CFD) Pagi itu, Minggu (2/9/2012), gestur jenaka dua lelaki muda dengan muka berias putih, di depan Plaza Sriwedari sontak mengundang perhatian. Tanpa suara, lelaki yang mengenakan blangkon, berjalan membungkuk dan seolah menolak permintaan pria satunya yang lebih  muda untuk berolahraga.

Lelaki berblangkon itu terus menggelengkan kepala sebagai isyarat bahwa kesehatannya mulai terganggu karena udara lingkungan yang tak lagi menyehatkan. Sembari bercengkrama tanpa kata, dua lelaki dari komunitas Gerakan untuk kesejahteraan tuna rungu Indonesia (Gerkatin) itu kadang mengajak komunikasi penonton dengan bahasa-bahasa isyarat mereka.

Aksi salah satu anggota Gerkatin itu bukan tanpa makna. Di tengah kebisuan mereka, dua tuna rungu ini ingin mengkampanyekan peduli lingkungan. Mengajak seluruh komponen masyarakat menjaga wilayahnya masing-masing dari kerusakan lingkungan. Selaras dengan tema Solo International Performing Art (SIPA) 2012, yaitu Go Green for Save our World Better Future. Bukan hanya pantomim peduli lingkungan, pre event SIPA 2012 terakhir yang digelar pagi itu juga diikuti sejumlah acara peduli lingkungan seperti penanaman ratusan bibit pohon, penyiraman pohon, bersih-bersih lingkungan CFD dan ditutup dengan tarian bersama panitia dan liaison officer (LO)  SIPA.
Berita Senin, 03/9/2012 03:00 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • ANTISIPASI TEROR: Linmas Pun Ikut Siaga Penuh
  • AKSI TERORISME SOLO: Pengamanan Mal di Solo Diperketat
  • Pekan Depan, Komisi I Panggil Enam Lurah
  • Fasilitas Hotspot di Kompleks Balaikota Kini Tak Ada Lagi
  • Walah, Urban Forest Jadi Tempat Pacaran