SYAWALAN: Ribuan Wisatawan Serbu Syawalan Jurug 2012

Berita Kota Solo - SYAWALAN: Ribuan Wisatawan Serbu Syawalan Jurug 2012
SOLO – Ribuan pengunjung sudah memadati Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) pada hari pertama Syawalan Jurug 2012, Senin (20/8/2012).

Area parkir TSTJ sampai tidak mampu menampung seluruh kendaraan yang di bawa pengunjung. Akibatnya sebagian kendaraan jenis mobil dan minibus diparkir di sebagian badan Jl KH Masykur dan Jl Ir Sutami. Membeludaknya pengunjung TSTJ juga memberikan berkah kepada muda-mudi di sekitar taman. Mereka menyulap lapak-lapak yang tidak digunakan pemiliknya sebagai lahan parkir. Sedangkan pengelola TSTJ hanya menerima parkir kendaraan jenis sepeda motor. Kendati sudah memanfaatkan sebagian taman di bagian dalam TSTJ tapi masih banyak sepeda motor yang tidak tertampung.

Direktur Utama Perusda TSTJ, Lilik Kristianto, saat ditemui Solopos.com optimistis target jumlah pengunjung Syawalan Jurug 2012 sebanyak 60.000 orang bisa dipenuhi. Strateginya dengan mendorong terpenuhinya jumlah optimal saban hari selama Syawalan Jurug. “Kami sudah tambah wahana menjadi 25 unit. Ada juga Rumah Serangga yang baru saja kami luncurkan,” katanya.

Setiap pengunjung TSTJ harus merogoh kocek Rp10.000/orang untuk bisa masuk melihat-lihat koleksi satwa dan menikmati keteduhan taman. Sementara sejumlah pengunjung TSTJ mengaku kurang nyaman dengan kondisi taman yang gersang. Seperti diungkapkan Parti, 38, asal Purwodadi dan Heri Susanto, 17, anaknya. Menurut mereka seharuanya pengelola bisa menjaga aspek hijau, asri dan teduh area taman.

Heri yang merupakan pelajar di salah satu STM di Jakarta lantas membandingkan TSTJ dengan Kebun Binatang Ragunan yang teduh. Selain itu aktivitas satwa koleksi TSTJ kurang tereksplorasi dengan sistem kandangisasi. Berbeda dengan di Ragunan di mana satwa dilepas bebas di lingkungan mereka. “Tempat parkir TSTJ semrawut, tidak nyaman,” keluh dia.


Berita Senin, 20/8/2012 17:01 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • BAKDAN ING BALEKAMBANG: Egrang dan Dakon Bangkitkan Kenangan Masa Kecil
  • KEBERSAMAAN DI HARI LEBARAN: Umat Muslim Salat Id, Kebaktian Gereja Pun Diundur
  • Kericuhan Warnai Pembagian Sembako dan Sedekah di Balaikota Solo
  • MALAM TAKBIRAN di Solo Digelar di Berbagai Tempat
  • KEAMANAN PARKIR: BPSK Nyatakan Pengelola Parkir Tirtonadi Siap Bertanggung Jawab